Pages

Selasa, 29 Oktober 2013

ROWATIB, KEMANAKAH ENGKAU SELAMA INI?

ngung, ngung, ngung,, terdengar suara sond masjid dimana aku duduk mathla'ah bolgger pelatihan kemarin. aku sedikit kaget. baru sadar ternyata nantimalam, malam selasa. malam pengajian rutin Istighosah syafa'iyah dan pengajian tasawuf kitab Kitab Kifayatul Atqiya oleh Ky. Imam syafa'at pengasuh ponpes Minhajussalikin Pesanggaran Banyuwangi.


adzan dikumandangkan. ibu2 muslimat satu persatu mulai datang. disusul para mbah2 kakung berkalung sajadah atau surban juga mulai berdatangan. malam ini sepertinya yang mengikuti pengajian lebih banyak dari malam selasa yang lalu2. yang hanya tidak lebih dari 20 orang.

jama'ah sholat maghrih sudah dilaksanakan. para jama'ah  terlihat antusias mengikuti Istighosah Syafa'iyyah. tidak ada yang beranjak dari tempat duduk masing2. khusyu' mengikuti imam membaca Istighasah Syafa'iyyah sampai do'a dipanjatkan. kecuali anak kecil2 berlari kesana kemari,berkejar-kejaran dengan teman sebayanya. seakan tak peduli apa yang sedang dilakukan orang tuanya.

"salah satu ciri2 orang tasawuf itu adalah orang yang menjaga sholat rawatibnya, sholat qobliyah dan ba'diyah. seseorang yang meng-istiqomahkan sholat rawatib itu juga mengikuti jalan tasawuf" dawuh kyai ketika pengajian setelah Istighasah dimulai.

"karna sholat rowatib iku nambeli sholat fardu seng gotang khusyu'e, dados mboten nambeli sholat seng gotang, tapi nambeli gotang khusyu'e" lanjut beliau

diam.
dan terbesit pertanyaan.
kemanakah rowatibku selama ini?

duhai rowatib agung,
kemanakah engkau selama ini.
agungmu melebihi langit dan bumi
sunnahmu mampu men-nambeli  ke-gotangan khusyu' sholat kami.


duhai rowatibku,
kemanakah engkau selama ini.?

................................................. ma'af, sebagian text hilang. hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About